Pelatihan Pasar Kampung Online

Pelatihan Pasar Kampung Online

KM. Masbagik. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah propinsi dalam menggebrak perekonomian masyarakatnya. Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan melakukan pelatihan pasar kampung online yang digagas oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Bertempat di salah satu destinasi wisata baru di wilayah Lombok Timur, Pantai Pondok Kerakat Pohgading (Pringgabaya) pada hari Selasa tanggal 18 Juni 2019. Dipilihnya tempat ini oleh Diskominfo untuk semakin menaikkan angka kunjungan wisatawan ke daerah ini. Karena seperti yang penulis perhatikan sarana dan prasarana telah menunjang untuk memanjakan berbagai wisatawan yang ingin datang ketempat yang terkenal dengan pasir besinya ini. Terlebih lagi dengan adanya banyaknya spot foto yang telah disediakan oleh Pokdarwis setempat.

Dalam acara pelatihan tersebut dipilihlah KM. Sukamulia (Asri, S.Pd) untuk menyampaikan pengalamannya dalam menggunakan media online sebagai sarana untuk menjual berbagai produk yang telah dibuat. Baik berupa barang, destinasi wisata, usaha yang berbentuk jasa dan lainnya. Menurut sejarawan muda ini media online sebagai usaha pengembangan dari Kampung Media sebagai media paling ampuh untuk menshare berita. Media ini juga sebagai media untuk penularan ilmu kepada khalayak ramai.

Ia pun menjelaskan berbagai trik yang perlu dilakukan dalam menjual produk diantaranya dengan melihat waktu share produk. Produk yang baik itu sebaiknya di share pada jam-jam tertentu karena pada waktu tersebut banyak pengguna internet yang akan mengaksesnya. Yaitu pada jam 2 malam, jam 5 sore, jam 6 pagi dan jam 1 siang. Hal yang diperhatikan juga yaitu kapasitas dari foto yang dikirim. Besar dan kecilnya kapasitas dari foto yang diunggah akan berpengaruh terhadap minat dari konsumen. Dan diharapakan sebisanya agar foto tersebut merupakan hasil sendiri bukan dari plagiat.

Persaingan harga barang juga menjadi salah satu penentu dalam lancarnya usaha perdagangan. Terlebih lagi dengan semakin menjamurnya ollshop dan market yang menyediakan berbagai jenis kebutuhan warga. Disini kita dituntut agar jeli melihat harga pasaran agar jangan sampai terlalu jauh melampaui harga pasaran. Mempunyai akun pribadi juga merupakan syarat yang harus dimiliki dalam menjual via online agar segala bentuk jualan barang dan jasa tidak bercampur dengan masalah yang berkaitan dengan privasi.

Dan perlu diingat oleh kita semua modal utama dalam menjalankan suatu usaha yaitu berawal dari kejujuran. Hal ini perlu ditanamkan sejak awal agar semakin banyak yang percaya dengan barang dan jasa yang kita tawarkan. Salam toes dari kampung. Mari meriri.

By_Andre D’Jails

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru