Bazar Garda Sakti Di Masjid Al Hamidy

Memeriahkan MTQ ke 28 kota Mataram, organisasi pemuda Presak Timur Pagutan Garda Sakti menggelar bazaar aneka produk. Terletak di depan Masjid Pusaka Al Hamidy, deretan lapak tenda yang menjual aneka produk tersebut ramai dikunjungi masyarakat. Beberapa item yang dijual diantaranya busana muslim, produk suplemen dan obat herbal dari HNI HPAI serta beberapa produk lain seperti parfum dan buku.

Koordinator bazar, Muhammad F Hafiz mengatakan gelaran bazar dimaksudkan untuk meramaikan kegiatan MTQ 28 kota Mataram. Masjid Al Hamidy terpilih sebagai salah satu venue penyelenggaraan cabang lomba Tilawah. Selama tiga hari mulai 20 sampai 23 Juli, masjid AlHamidy menggelar lomba dari pagi sampai siang. Lantunan ayat suci Al Quran dibacakan oleh qori dan qoriah peserta MTQ untuk cabang lomba Tilawah kategori dewasa.

Selain itu, gelaran bazar ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkan organisasi pemuda Garda Sakti yang baru saja terbentuk. Kongres pertama Kongres Pemuda Presak Timur memang dihajatkan untuk membantu kegiatan Badan Takmir. Namun karena belum terbentuknya Remaja Masjid yang diamanatkan pembentukannya melalui kelompok kerja (Pokja), organisasi pemuda Garda Sakti berinisiatif meramaikan gelaran MTQ tahun ini dengan mengajak anggota dan masyarakat mengisi lapak yang disediakan panitia.

“Agar masyarakat tahu bahwa masjid kita sedang menggelar MTQ dan memperkenalkan organisasi pemuda Garda Sakti akronim dari gerakan pemuda presak timur. Nantinya organisasi ini akan mewadahi kelompok kelompok pengajian dan komunitas pemuda lainnya di Presak Timur. Termasuk juga Remaja Masjid untuk mendorong partisipasi dalam perkembangan kampung”, jelas Hafiz.

Sebagai kampung perkotaan, organisasi ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada pengambil kebijakan dalam segala bidang. Kampung Presak Timur yang dikenal memiliki sejumlah lembaga pendidikan dan memiliki tradisi keislaman sejak lama harus dapat menemukan cara berpikir yang sama terhadap perubahan dan dinamika yang terjadi di masyarakat.

Termasuk juga gelaran bazar yang digagas Garda Sakti adalah upaya mempertahankan nuansa religious di tengah masyarakat dengan mendukung penyelenggaraan MTQ kota Mataram selain memanfaatkan peluang ekonomi bagi mereka yang hadir menyaksikan para peserta berlomba di podium yang disediakan di sayap utara masjid. (jm – tim media).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru