IMBD UIN Mataram, "Selamat Berkompetisi Peserta MTQ Provinsi NTB

Selama hampir 23 tahun Nabi Muhammad SAW menerima wahyu suci dari Allah SWT, Hingga Allah SWT menyempurnakan agama Islam di wahyu yang terakhir surah Al-Maidah ayat 3 : "Pada hari ini telah aku sempurnakan untuk kamu agamamu dan telah ku cukupkan kepadamu nikmatku dan telah ku ridhoi islam sebagai agama bagimu".

Ini semua menjadi bukti bahwa islam sebagai ajaran yang sempurna, kompleks dalam mengatur segala lini kehidupan manusia dan menjadi pedoman hidup yang benar untuk manusia.

Sejarah mencatat mengenai kodefikasi Al-Qur'an begitu membanggakan perjuangan para sahabat dalam mengumpulkan tulisan Al-Qur'an pada waktu itu sungguh luar biasa dengan niat Lillahita'ala perjuangan itu berhasil di lakukan pada masa kekhalifahan Usman Bin Affan Ra, berkat perjuangan para sahabat itulah Indonesia hingga saat ini bisa membaca Al-Qur'an yang telah dibukukan hingga sekarang. 

Untuk menjaga dan menjunjung tinggi nilai suci yang terkandung dalam Al-Qur'an menjadi tanggungjawab kita sebagai muslim untuk belajar dan memahami ajaran yang ada di dalamnya  seperti melalui Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ).

Proses membumikan Al-Qur'an atau dikenal dengan MTQ pertama kali diadakan di Indonesia pada Tahun 1968 yang berlokasi di Makassar oleh kementerian agama waktu itu. Dan pada tahun 2019 ini tidak terasa MTQ sudah berjalan hingga XXVIII kali. 

Jelang berlangsungnya MTQ Tingkat Provinsi NTB ke-XXVIII itu, para kafilah dari Kota Bima, Kab. Bima dan Kab. Dompu mendapat dukungan dan harapan dari Ikatan Mahasiswa Bima-Dompu UIN Mataram. 

Pengurus IMBD UIN Mataram periode 2019-2020 mengucapkan selamat datang untuk putra-putri terbaik daerah di pulau seribu masjid lombok, dan selamat berkompetisi di MTQ Provinsi NTB. 

"Kami berharap, Semoga para kafilah dari Kota Bima, Kab. Bima dan Kab. Dompu menjadi yang terbaik demi mengharumkan nama daerah kita tercinta, dan tak lupa pula tetap junjung tinggi sportifitas". Harap pengurus IMBD UIN Mataram. 

Dalam hajatan tahunan tersebut, Al-Fan selaku ketua di IMBD UIN Mataram periode 2019-2020, Di era sekarang generasi Qur'an mulai menjauh dari ajaran-ajaran religius, semoga realitas negatif ini menjadi cerminan untuk kembali menjadikan Al-Qur'an sebagai spirit perjuangan generasi milenial. 

"Untuk para kafilah dari Kota Bima, Kab. Bima dan Kab. Dompu, saya ucapkan selamat datang di Kota seribu mesjid lombok, semoga menjadi jawara dalam hajat yang dimaksud. "Terang Al-Fan"

(Al_Gebra Dan Muh. Addrunnafis) 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru